SMK NEGERI 1 TEKUNG TANGGAP BENCANA

1506SMK NEGERI 1 TEKUNG TANGGAP BENCANA

Gunung Semeru meletus sejak Jumat Sore dan kembali meletus dengan guguran lava pijar disertai gemuruh pada Sabtu (4/12/2021) sore.Erupsi Gunung Semeru 2021 Berbeda dengan Letusan Merapi 11 Tahun Silam.

Ahli Vulkanologi Surono mengatakan perbedaan antara erupsi Gunung Semeru dan letusan Gunung merapi 2010 silam.
Mbah Rono, begitu dia disapa, mengatakan, erupsi Gunung Semeru disebabkan oleh gundukan atau kubah lava yang gugur akibat hujan.
“Erupsi yang orang bayangkan seperti Merapi 2010, jebol kawah menjadi suatu letusan, awan panas letusan,. Memang Semeru sering terjadi letusan berupa gas, uap, abu vulkanik, tapi dia cuma mengeluarkan lelehan lava yang membentuk gundukan atau kubah lava,” ujar Surono dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV, Minggu (5/12/2021).

“Gundukan ini makin lama makin besar volumenya. Nah, musim hujan ini bisa jadi membuat kubah lava sebagian menjadi batu, sebagian lagi masih cair longsor,” lanjut dia.
Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ini menjelaskan, gundukan tersebut menghasilkan uap atau gas yang bercampur dengan debu halus, material kerikil hingga bongkahan yang membentuk awan panas guguran.
Sebab dihasilkan dari kubah lava yang tadinya gugur dan bukan awan panas letusan, kata dia, maka apakah erupsi masih akan terjadi atau tidak sangat memungkinkan.

Dari terjadinya bencana ini,tim tanggap bencana SMK Negeri 1 tekung dengan sigap menghimpun bantuan untuk korban terdampak erupsi Gunung semeru, yang alhamdulillah bantuan tersebut terkumpul sangat banyak yang bersumber dari para Bapak/ Ibu guru serta para Karyawan kluarga besar SMK Negri 1 tekung beserta para siswa dan siswi SMK Negeri 1 tekung dan juga dari masyarakat sekitar, bantuan sumbangan tersebut terkumpul sangat banyak hanya dalam waktu sehari semalam.

Penyerahan Bantuan Sembakau kepada korban terdampak erupsi Gunung semeru

Alhamdulillah pada hari minggu 5 Desember 2021 tim tanggap bencana beserta Ibu – Ibu Darmawanita SMK Negeri 1 Tekung berangkat menuju posko cam pengungsian korban terdampak erupsi Gunung Semeru yang terdapat di desa Penanggal Candipuro. dan memberikan beberapa bantuan dicamp tersebut, berupa sembakau,nasi bungkus, pakaian layak pakai,dan beberapa obat – obatan dan beberapa bantuan ada yang disalurkan langsung ke desa terdampak erupsi yang masih terdapat penduduknya, beberapa tim beserta bapak kepala sekolah SMK Negeri 1 Tekung menuju ke lokasih tersebut.

penyerahan langsung bantuan Oleh Bapak kepala sekolah SMK Negeri 1 Tekung Bapak Cholid Musmudi kepada para korban erupsi Gunung Semeru yang ter dapat pada desa cam – cam pengungsian.

Menurut Bapak Kepala SMK Negeri 1 Tekung Bapak Cholid Musmudi “Kita akan selalu berupaya membantu para korban terdampak erupsi Gunung semeru,dengan berbagai macam bantuan,setidaknya kita dapat meringankan beban mereka semua. ini masih tahap 1 dan akan kami usahakan nantinya akan ada bantuan tahab 2. kamipun pihak SMK Negeri 1 Tekung juga masih membuka donasi bagi siapapun atau masyarakat umum atau warga SMK sendiri untuk bilamana ingin menyumbangkan berupa barang ataupun dana,akan kami salurkan dan kami distribusikan langsung kepada para korban terdampak erupsi Gunung Semeru”

2021-12-06 13:24:10posthttps://www.smkn1tekung.sch.id/smk-neregi-1-tekung-tanggap-bencana/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular

More from author

Festival Film Bahasa Jawa

Assalamualaikum Sugeng nindakake prakarya FFBJ (Festival Film Bahasa Jawa 2024) , kagem siswa SMK Negeri 1 Tekung Mugi tansah diparingi kelancaran!! Lan saged migunani kagem tiyang kathah.. Basa Jawa...

Pembangunan Masjid An-Nur

Haii sobat skansat, Dengan sukacita kami mengumumkan bahwa akan segera dilakukan pembangunan Masjid An-Nur di SMKN 1 Tekung. Pembangunan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas...

Outing Class RA IT Aulia

Outing Class merupakan Kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas yang tidak dilakukan di dalam kelas pada umumnya, Outing Class  ini merupakan media yang paling...

H3 P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Kelas 11 dari seluruh jurusan di SMKN 1 Tekung melakukan penanaman untuk finishing Pawon Urip. Tentu dalam hal ini kolaborasi dan kerjasama sangat-sangat dibutuhkan....