SMK NEGERI 1 TEKUNG TANGGAP BENCANA

1506SMK NEGERI 1 TEKUNG TANGGAP BENCANA

Gunung Semeru meletus sejak Jumat Sore dan kembali meletus dengan guguran lava pijar disertai gemuruh pada Sabtu (4/12/2021) sore.Erupsi Gunung Semeru 2021 Berbeda dengan Letusan Merapi 11 Tahun Silam.

Ahli Vulkanologi Surono mengatakan perbedaan antara erupsi Gunung Semeru dan letusan Gunung merapi 2010 silam.
Mbah Rono, begitu dia disapa, mengatakan, erupsi Gunung Semeru disebabkan oleh gundukan atau kubah lava yang gugur akibat hujan.
“Erupsi yang orang bayangkan seperti Merapi 2010, jebol kawah menjadi suatu letusan, awan panas letusan,. Memang Semeru sering terjadi letusan berupa gas, uap, abu vulkanik, tapi dia cuma mengeluarkan lelehan lava yang membentuk gundukan atau kubah lava,” ujar Surono dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV, Minggu (5/12/2021).

“Gundukan ini makin lama makin besar volumenya. Nah, musim hujan ini bisa jadi membuat kubah lava sebagian menjadi batu, sebagian lagi masih cair longsor,” lanjut dia.
Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ini menjelaskan, gundukan tersebut menghasilkan uap atau gas yang bercampur dengan debu halus, material kerikil hingga bongkahan yang membentuk awan panas guguran.
Sebab dihasilkan dari kubah lava yang tadinya gugur dan bukan awan panas letusan, kata dia, maka apakah erupsi masih akan terjadi atau tidak sangat memungkinkan.

Dari terjadinya bencana ini,tim tanggap bencana SMK Negeri 1 tekung dengan sigap menghimpun bantuan untuk korban terdampak erupsi Gunung semeru, yang alhamdulillah bantuan tersebut terkumpul sangat banyak yang bersumber dari para Bapak/ Ibu guru serta para Karyawan kluarga besar SMK Negri 1 tekung beserta para siswa dan siswi SMK Negeri 1 tekung dan juga dari masyarakat sekitar, bantuan sumbangan tersebut terkumpul sangat banyak hanya dalam waktu sehari semalam.

Penyerahan Bantuan Sembakau kepada korban terdampak erupsi Gunung semeru

Alhamdulillah pada hari minggu 5 Desember 2021 tim tanggap bencana beserta Ibu – Ibu Darmawanita SMK Negeri 1 Tekung berangkat menuju posko cam pengungsian korban terdampak erupsi Gunung Semeru yang terdapat di desa Penanggal Candipuro. dan memberikan beberapa bantuan dicamp tersebut, berupa sembakau,nasi bungkus, pakaian layak pakai,dan beberapa obat – obatan dan beberapa bantuan ada yang disalurkan langsung ke desa terdampak erupsi yang masih terdapat penduduknya, beberapa tim beserta bapak kepala sekolah SMK Negeri 1 Tekung menuju ke lokasih tersebut.

penyerahan langsung bantuan Oleh Bapak kepala sekolah SMK Negeri 1 Tekung Bapak Cholid Musmudi kepada para korban erupsi Gunung Semeru yang ter dapat pada desa cam – cam pengungsian.

Menurut Bapak Kepala SMK Negeri 1 Tekung Bapak Cholid Musmudi “Kita akan selalu berupaya membantu para korban terdampak erupsi Gunung semeru,dengan berbagai macam bantuan,setidaknya kita dapat meringankan beban mereka semua. ini masih tahap 1 dan akan kami usahakan nantinya akan ada bantuan tahab 2. kamipun pihak SMK Negeri 1 Tekung juga masih membuka donasi bagi siapapun atau masyarakat umum atau warga SMK sendiri untuk bilamana ingin menyumbangkan berupa barang ataupun dana,akan kami salurkan dan kami distribusikan langsung kepada para korban terdampak erupsi Gunung Semeru”

2021-12-06 13:24:10posthttps://www.smkn1tekung.sch.id/smk-neregi-1-tekung-tanggap-bencana/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular

More from author

SURAT KEPUTUSAN KELULUSAN SISWA KELAS XII TP. 2023/2024

Assalamualaikum Wr. Wb.Kepada anak-anaku semuanya kelas XII, berikut ini adalah Surat Keputusan Kelulusan TP. 2023/2024.Setelah melihat Surat Keputusan Kelulusan ini hendaknya kalian melaksanakan sujud...

Seminar Pendidikan

Seminar Pendidikan merupakan bentuk kegiatan menyampaikan karya ilmiah tentang pendidikan yang direncanakan dan dipresentasikan dengan sumber atau peneliti dalam mengambil keputusan dan bertujuan untuk menyamakan...

Outing Class SD Al-Ikhlas

Outing Class merupakan Kegiatan belajar mengajar yang diadakan di luar kelas yang tidak dilakukan di dalam kelas pada umumnya, Outing Class  ini merupakan media yang paling...

P5 Kebekerjaan

P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu program dari Kurikulum Merdeka. Berikut informasi mengenai pengertian P5 hingga manfaatnya.Dikutip dari Panduan P5...